Cara Mencari Peluang Profesi Metaverse
13 Peluang Karir Paling Dicari di Metaverse Tahun Ini
Seperti yang dilaporkan oleh Business Insider, merek seperti Nike, Disney, dan Gucci mulai membuka peluang karier di Metaverse. Mereka saat ini secara aktif merekrut untuk posisi Pemasaran, Desain dan Teknik.
Belakangan ini, Roblox juga selalu menyertakan istilah “Metaverse” di setiap iklan lowongannya. Memang berapa banyak peluang kerja baru yang tercipta dengan hadirnya dunia maya ini?
Peluang Karir di Metaverse of the Future
Selama dekade berikutnya, profesi baru akan terus bermunculan dari metaverse dan turunannya. Beberapa di antaranya bisa dilihat belakangan ini.
Berikut kami rangkum beberapa peluang karir di metaverse yang akan booming di pasar kerja:
1. Insinyur Perangkat Lunak Spesialisasi VR/AR
peluang karir di Metaverse
Teknologi VR dan AR adalah elemen penting dalam pengembangan metaverse. Jadi perusahaan teknologi pasti membutuhkan insinyur perangkat lunak yang berspesialisasi dalam dua bidang ini.
Virtual Reality (VR): lingkungan virtual buatan yang mendukung pengalaman imersif.
Augmented Reality (AR): objek virtual yang dapat dilihat melalui aplikasi di dunia nyata.
Pada tahun 2019, permintaan untuk profesi ini meningkat sebesar 1.400%, menurut laporan State of Software Engineers dari situs Hired..
2. Ilmuwan Riset Metaverse
Ilmuwan diperlukan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan menambahkan kemungkinan baru dalam teknologi Metaverse.
Tentu saja, Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan yang rumit ini dengan mudah.
Peluang karir sebagai Ilmuwan Penelitian Metaverse membutuhkan gelar doktor dan pengetahuan mendalam tentang pencitraan komputasi.
3. Perencana Metaverse
Perencana bertugas merencanakan kegiatan produksi dan mengelola sumber daya.
Dalam hal ini, setelah teknologi Metaverse selesai, perencana harus membuat strategi implementasi.
Perencana perlu mempertimbangkan peluang pasar, peta jalan, dll.
4. Insinyur perangkat keras
peluang karir di Metaverse
Tidak semua yang ada di lingkungan virtual Metaverse dibuat dengan kode pemrograman. Untuk bisa masuk ke sana, hardware pendukung juga harus ada.
Kamera, headset VR, dan perangkat lain diperlukan untuk menghubungkan pengguna ke dunia maya.
Saat ini teknologinya sudah tersedia, namun harganya masih relatif mahal.
Tantangan berikutnya adalah pengembang perlu membuat produk yang terjangkau untuk membuat Metaverse lebih mudah diakses.
5. Pakar Keamanan Siber
peluang karir di Metaverse
Keamanan dan privasi masih menjadi pekerjaan rumah yang besar di metaverse.
Minimnya metaverse membuat pengguna lebih rentan terhadap penipuan, peretasan, kebocoran data dan lain sebagainya.
Karena itu, perusahaan perlu merekrut pakar keamanan siber yang dapat mengembangkan teknologi keamanan baru untuk Metaverse.
“Kepercayaan dan keamanan sangat penting untuk kelangsungan hidup dan kesuksesan di metaverse,” kata Tiffany Xingyu Wang dari Spectrum Labs.
6. Pembangun Dunia Metaverse
Baru-baru ini, Rans Entertainment mengumumkan rencana untuk meluncurkan Metaverse mereka sendiri.
Beberapa bocorannya sudah beredar di media sosial. RansVerse terlihat seperti kota dengan lingkungan yang rapi dan bangunan modern.
Sumber: Rans Entertainment di Instagram
World Builder adalah peluang karir di Metaverse yang bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan virtual. Mulai dari ukuran terkecil hingga terbesar.
7. Penata Gaya Virtual
Di Metaverse, Anda diwakili oleh avatar. Anda bisa mendandaninya dengan pakaian dari para desainer.
Dengan kemungkinan ini, karya seorang stylist kemungkinan besar akan dapat bertransisi ke metaverse.
Tugasnya tetap sama, tapi yang menarik adalah wujud virtual seseorang.
Beberapa brand fashion ternama seperti Gypsy Sport dan Collina Strada bahkan sudah menggelar fashion show virtual di awal tahun 2022.
Sumber: IMVU
8. Manajer Produk Metaverse
Manajer produk bertanggung jawab untuk memasarkan produk, memahami pengguna, dan mengidentifikasi peluang.
Dengan booming metaverse, perusahaan teknologi perlu mulai mempekerjakan lebih banyak manajer produk.
Kinerjanya sangat penting untuk pengembangan produk.
Pada awal tahun 2022, hampir 75% pekerjaan di situs Meta Careers mencari posisi Manajer Produk Metaverse.
9. Pemasar Metaverse
Bisnis Anda mungkin perlu memikirkan cara menemukan ruang iklan di papan reklame virtual.
Ini sebagai persiapan untuk ledakan pasar Metaverse pada tahun 2028, yang diperkirakan bernilai $814,2 miliar.
Untuk menyiasatinya, perusahaan membutuhkan spesialis pemasaran metaverse. Dia bertanggung jawab untuk membuat kampanye iklan yang kreatif dan imersif.
Sumber: Roblox
Contoh pemasaran kreatif di metaverse adalah Nikeland di Roblox atau konser virtual Travis Scott di Fortnite.
10. Penasihat Aset Digital (NFT)
Meledaknya bisnis NFT membuat banyak perusahaan tertarik untuk mencobanya. Profesi konsultan aset digital juga diupayakan agar perusahaan tidak salah langkah.
Memulai NFT untuk bisnis tidak boleh sembarangan. Penasihat menampilkan tren industri dan peluang untuk ditindaklanjuti.
Misalnya, jika perusahaan membeli tanah virtual di metaverse, menjual koleksi NFT, terlibat dalam gamifikasi, dll.
11. Pengembang jaringan Blockchain
Pasangan selebriti Anang dan Ashanty telah mengeluarkan token crypto yang disebut ASIX berdasarkan blockchain Binance.
Sumber: ASIX
Dalam proyek ekosistem terdesentralisasi seperti itu, perusahaan membutuhkan pengembang blockchain.
Tugasnya berkisar dari konsepsi hingga implementasi dan pengelolaan ekosistem.
Namun, proses ini membutuhkan pengembang blockchain untuk berkolaborasi dengan pengembang perangkat lunak.
12. Pendongeng
Anda mungkin bingung mengapa pendongeng juga merupakan peluang karir di metaverse.
Sebenarnya ini berkaitan dengan konsep gamification.
Peran pendongeng adalah membuat skenario permainan untuk membuat pemain tetap tertarik.
Namun, pekerjaan ini tidak hanya akan terbatas pada industri game, tetapi juga dunia maya pada umumnya.
13. Pemandu Wisata Virtual
Pada tahun 2022, konsep pariwisata virtual akan menjadi bentuk hiburan baru.
Tentu saja, perjalanan Anda tidak lengkap tanpa pemandu.
Panduan Metaverse memberi tahu Anda berbagai informasi tentang lingkungan virtual di sana.
Prasyaratnya adalah Anda harus benar-benar menguasai tempat dan isinya masing-masing.
peluang karir di metaverseSource:@museumcryptoart di Twitter
Misalnya, Anda akan menjadi pemandu wisata untuk Museum of Crypto Art (MoCA). Maka Anda setidaknya harus mengetahui sejarah museum, cara kerjanya dan sebagainya.
Kesimpulan
Sepuluh tahun yang lalu tidak akan pernah terpikir oleh Anda bahwa menjadi seorang YouTuber bisa menjadi profesi yang menjanjikan saat ini. Sama seperti peluang profesional di metaverse. Pasti akan ada profesi baru dalam beberapa tahun ke depan yang bahkan mungkin tidak ada dalam daftar di atas.
Sumber :