Pantai Jogan, Dua Keindahan Alam Dalam Satu Kawasan

Pantai Jogan, dua keindahan alam dalam satu kawasan

Pantai Jogan, Dua Keindahan Alam Dalam Satu Kawasan

Pantai Jogan – Biasanya air terjun hanya terdapat di perbukitan atau di ketinggian. Namun, berbeda jika Anda mengunjungi Pantai Jogan yang terletak di Gunung Kidul.

Kita disuguhkan dengan dua pesona alam. Ada air terjun dan pantai di satu area. Keindahan ini jarang ditemui oleh wisatawan.

Saat Anda memasuki Wisata Pantai Jogan. Kita langsung disuguhkan tebing-tebing yang mengesankan dan menawan.

Dari tebing ini kita bisa melihat betapa indahnya air yang jatuh, tingginya sekitar 12 meter.

Air terjun ini berasal dari sungai yang mengalir dan jatuh hingga ke pantai. Jadi kita bisa melihat apakah air ini air tawar. Drainase air tidak terlalu deras. Kecuali jika Anda datang saat musim hujan.

Keindahan air terjun ini memang membutuhkan semua pemikiran kita untuk terus memandangnya. Jangan hanya melihat air terjunnya saja. Namun, nikmati juga keesokan harinya di Pantai Jogan, di mana ombaknya tidak pernah berhenti.

Harga tiket masuk Pantai Jogja
harga tiket masuk pantai jogan
Foto: https://www.instagram.com/abtdnl/

Bagi Anda yang ingin menikmati pesona tempat wisata unik di Gunung Kidul ini. Anda akan dikenakan biaya tiket masuk Pantai Jogan sebesar 10.000 rupiah.

Harganya cukup murah bukan? Karena uang yang dibayarkan juga termasuk dalam Tiket Pantai Nglambor dan juga di Siung.

Selain itu, kami juga dikenakan biaya parkir. Tarif sebesar 3 ribu rupiah dikenakan untuk kendaraan bermotor. Bagi yang menggunakan mobil akan dipotong 5.000 rupiah.

Nah, bagi yang membawa rombongan dan menggunakan bus, Anda perlu membayar 20.000 rupiah.

Kunjungi Juga : 50 Daftar Tempat Wisata Pantai di Gunung Kidul Yang Sangat Indah dan Menarik.

alamat dan lokasi rute
Alamat dan Rute Lokasi Pantai Jogan
Foto: https://www.instagram.com/anika_sptrn/

Alamat Pantai Jogan terletak di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda datang dari luar, turunlah di stasiun tugu. Jadi jarak yang harus anda tempuh adalah 75 km. atau memakan waktu sekitar 1 jam 54 menit.

Untuk menuju objek wisata ini Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Karena tidak ada angkutan umum yang akan membawa Anda ke Pantai Jogan. Rute menuju Pantai Jogan dari sini menuju kawasan Piyungan melalui Jalan Laksda Adi Sucipto.

Kemudian jalan menuju Pantai Jogan, arahkan kendaraan ke Pathuk, Lanud Gading, lalu ke Jalan Baron, ikuti saja jalan sejauh 15 km. Sampai Anda tiba di pantai selatan Jawa sejauh 7 km. Sebentar lagi kita akan memasuki Pantai Siung. Ikuti petunjuk arah menuju titik lokasi.

Kunjungi juga: Pantai Gunung Kidul Ngetun.
Aktivitas di Pantai Jogan

Berikut adalah berbagai kegiatan untuk Anda nikmati
1. Berseluncur
objek wisata pantai jogan
Foto: https://www.instagram.com/pantai_jogan/

Sayang sekali menikmati Pantai Jogan tepat di sebelah tebing dan hanya duduk-duduk saja. Maka turunlah dan nikmati semua keindahan yang ada.

Namun, jangan lupa untuk menyiapkan kamera yang mumpuni juga. Padahal apa yang dihadirkan di sini justru paling cocok untuk diabadikan dalam foto dan gambar

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan jika ingin turun. Bagi Anda yang memiliki keberanian dan ingin menantang diri sendiri. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan metode abseiling atau kano.

Karena teknik ini cukup berbahaya, karena Anda harus menyusuri bebatuan yang cukup curam. Oleh karena itu, diperlukan peralatan yang berkualitas dengan standar keamanan yang tinggi. Anda bisa menghubungi beberapa petugas yang siap membantu Anda.

Namun, ada harga yang cukup mahal yang harus Anda siapkan untuk kegiatan ini. Rasakan trek yang cukup sulit yang pasti akan lebih memotivasi pikiran Anda.

Hati-hati karena tebing ini cukup tajam. Tubuh Anda mungkin tergores dengan sendirinya.

Kunjungi juga Pantai Nglambor yang sedang hits saat ini.

2. Turun dari tebing
objek wisata pantai jogan
Foto: https://www.instagram.com/kurniawankbarrr/

Cara kedua adalah melalui turunan, yang dilengkapi dengan papan kayu untuk pegangan. Disarankan untuk benar-benar berhati-hati. Karena turunan ini tidak hanya curam, tapi juga licin. Oleh karena itu, risiko Anda jatuh sangat tinggi

Tantangan Anda tidak berhenti di situ. Kita harus melewati terumbu karang tempat ribuan bayi kepiting hidup. Biasanya warga mengambilnya dan mengolahnya menjadi sajian kuliner yang menggiurkan.

Selain bayi rajungan, jumlahnya bisa mencapai ribuan. Hewan yang satu ini mirip dengan yang ada di Crismost Island. Namun, pulau yang sebenarnya dekat dengan Jawa Barat itu sudah menjadi bagian dari Australia.

Kita juga akan melihat keindahan kupu-kupu yang kadang beterbangan di sekitar karang. Mereka menumpuk dengan cara ini dan menciptakan rona warna-warni.

Lihat juga Pantai Krakal, salah satu destinasi terpopuler di Jogja.
3. Nikmati masakan lezat

Sesampainya di tempat wisata Pantai Jogan rasanya ada yang kurang jika tidak menikmati berbagai jenis kuliner yang tersaji disini.

Seperti disebutkan di atas, makanan yang ditawarkan adalah olahan kepiting dengan berbagai bumbu khas ala Gunung Kidul.

Cobalah hidangan ikan ini dengan nasi panas dan sambal pedas. Kenikmatan akan meningkat. Itu juga tidak terlalu mahal. Jadi akan rugi jika datang ke sini tapi tidak menikmatinya.

Bukan hanya udang lho, yang bisa kita nikmati di sini. Anda juga akan disuguhkan olahan ikan yang bisa dibakar atau digoreng. Atau di Balur dengan aneka bumbu yang pasti akan menggoyang lidah.

Datang juga ke Pantai Ngandong yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.
4. Matahari terbenam
objek wisata pantai jogan
Foto: https://www.instagram.com/novita_ratih/

Jika Anda berada di pantai Jogan, jangan lewatkan untuk menikmati pesona yang selalu ditunggu-tunggu wisatawan.

Jangan lewatkan pesona sunset yang tenggelam menjadi sesuatu. Karena langit biru cerah kabupaten Gunung Kidul berubah menjadi jingga.

Rasakan detik-detik mendebarkan saat matahari perlahan tenggelam ke Samudera Hindia.

Juga perpaduan koral dan suara air terjun yang terdengar seperti nyanyian alam. Benar-benar bayangan yang sayang untuk dilewatkan. Datanglah sekitar jam 5 sore di mana detik terlalu mahal untuk ditolak.

Keindahan pantai ini seolah melayang dengan sendirinya karena rona siluet yang dihadirkan. Banyak wisatawan akan mengabadikan semua pesona ini. Dengan berbagai gaya.

Pantai Jogan berada di satu kawasan dengan Pantai Nglambor yang terkenal dengan kehidupan bawah lautnya. Begitu pula dengan Pantai Siung yang namanya sudah mendunia karena dijamin aktivitas pendakiannya berbeda dengan kawasan pendakian lainnya. Jadi jangan lupa untuk mengunjunginya.

Selain itu, ramah di sekitar Pantai Jogan dengan berbagai penginapan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan fasilitas dan harga yang sesuai dengan budget Anda. Mulai dari hotel, homestay hingga resort.

Pantai Jogan adalah keindahan sejati yang dimiliki Indonesia. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati pesona ini sampai ke California dengan Air Terjun Macway Beach-nya.

Lihat juga ulasan kami sebelumnya tentang Pantai Greweng yang tersembunyi.

Jadi kapan Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini bersama teman, keluarga, dan sahabat? Ingatlah bahwa pantai Jogan selalu menunggu kedatangan Anda di tempat ini.

Sumber :