Pendidikan
Pakaian Adat Jawa Barat: Gambar dan Penjelasan Lengkap

Pakaian Adat Jawa Barat: Gambar dan Penjelasan Lengkap

Pakaian Adat Jawa Barat

Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia di pulau Jawa dengan ibu kota Bandung. Sebagian besar masyarakat yang tinggal di Jawa Barat berasal dari suku Sunda.

Konon, orang Sunda memiliki adat istiadat dan keturunan, salah satu pakaian adat Jawa Barat. Pakaian adat Jawa Barat dibedakan menjadi tiga jenis tergantung dari status sosial masyarakat Jawa Barat.

Pakaian-Adat-Jawa-Barat-Gambar-dan-Penjelasan-Lengkap

Bukan sekedar busana berdasarkan status sosial, tapi juga busana untuk acara formal dan busana pernikahan. Tiga jenis pakaian telah dikenal umat manusia sejak zaman kuno dan dipertahankan hingga saat ini.

Jadi banyak ketemu orang Jawa Barat yang masih pakai baju biasa. Berikut ini beberapa jenis pakaian adat Jawa Barat yang akan Anda temukan.

Jenis pakaian adat di Jawa Barat

Berikut ini adalah jenis-jenis pakaian adat Jawa Barat:

Mantel beludru mantel beludru

Pakaian ini sering digunakan sebagai pakaian kebanggaan oleh raja-raja sunda pada jaman dahulu. Kain ini terbuat dari bahan beludru dan terasa mewah dan berkilau. Untuk pria dan wanita yang memakai bahan beludru ini.

Kebaya Beludru dikenakan oleh kalangan bangsawan atau masyarakat dengan kelas sosial tertinggi yang terlihat pada pakaian yang dikenakan oleh ra. Kartini. Kebanyakan dari mereka berkulit hitam.

Kemewahan kain beludru pada pakaian adat Jawa Barat

untuk kalangan bangsawan kemudian dipadukan dengan motif sulaman benang emas atau benang emas. Baik sekali.

Perlengkapan atau aksesoris yang dipakai orang Jawa Barat di kalangan bangsawan adalah motif batik blangkon dari Kerlip. Kemudian bross ditambahkan ke depan.

Untuk wanita juga. Mereka biasanya memakai bros besar di bagian depan. Bagian atas kancing dan ujung kerah.
Lihat juga: pemeriksa adalah

Selain beludru dan benang emas, kebaya bangsawan juga terbuat dari bahan beludru yang dipadukan dengan mutiara. Mewah dan mahal.

Pakaian tradisional untuk Abad Pertengahan

. Pakaian umum untuk kelas menengah

Pakaian tradisional Jawa Barat untuk kelas menengah biasanya dikenakan oleh mereka yang mungkin kelas menengah dalam kehidupan sosialnya. Untuk pria, busana sipil dikenakan dengan kain kebat batik warna putih. Sandal yang terbuat dari petak ter juga digunakan untuk sepatu.

Ikat kepala dan ikat kepala serta jam tangan dengan rantai emas digunakan sebagai aksesoris pria. Jam tangan rantai emas ini digantung di saku, yang semakin meningkatkan tampilan.

Wanita mengenakan kebaya dengan warna berbeda di atasnya. Dengan bawahannya, mereka menggunakan kain batik dengan berbagai corak.

Mereka tidak lupa bahwa mereka mengenakan Beubeur atau ikat pinggang, sepatu, dan syal berwarna. Perhiasan seperti gelang, kalung dan cincin yang terbuat dari emas juga dikenakan sebagai aksesoris yang menambah keindahan pada outfit ini.

 

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/