Teknologi
Cara mengambil tangkapan layar di Windows 10

Cara mengambil tangkapan layar di Windows 10

Cara mengambil tangkapan layar di Windows 10

Mengambil tangkapan layar di Windows 10 dapat dilakukan menggunakan alat bawaan atau dengan menginstal aplikasi tambahan. Ada alat di Windows 10 yang disebut Snip & Sketch yang gratis untuk digunakan.

Cara-mengambil-tangkapan-layar-di-Windows-10

Sebenarnya screenshot tools versi lama di Windows yaitu snipping tools masih disertakan di Windows 10. Namun jika melihat fitur-fitur pada aplikasi Snip & Sketch sepertinya lebih lengkap. Kita dapat melakukan pengeditan sederhana seperti menambahkan garis, tulisan tangan, memotong, dan pengeditan dasar lainnya setelah tangkapan layar diambil.

Ambil tangkapan layar di Windows 10 dengan aplikasi bawaan

Ada dua cara untuk mengambil screenshot menggunakan aplikasi default (tanpa menginstal ulang aplikasi tersebut). Pertama dengan Snip & Sketch. Berikut langkah-langkahnya.

Cara mengambil tangkapan layar di Windows 10:

1. Tekan Tombol Windows + Shift + S.

Pastikan kita berada di sisi / tampilan yang ingin dipindai dan tekan tombol Windows, tombol Shift dan huruf S pada keyboard secara bersamaan.

2. Klik, tahan dan seret kursor untuk mengambil screenshot dari area yang diinginkan

Setelah menekan pintasan keyboard, sebuah tombol akan muncul yang memungkinkan Anda memilih area yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Klik dan seret di atasnya sampai Anda mendapatkan area yang Anda inginkan.

3. Lepaskan klik, lalu klik notifikasi yang muncul

Setelah mendapatkan area yang Anda inginkan, lepaskan klik dan notifikasi screenshot akan muncul di area notifikasi. Klik notifikasi.
Cara mengambil tangkapan layar di Windows 10 1

4. Edit tangkapan layar sesuai kebutuhan

Setelah mengklik notifikasi, ayo pergi ke editor. Disini kita bisa mengedit gambar seperti menambahkan coretan, garis, cropping dan tulisan sesuai kebutuhan.
Cara mengambil tangkapan layar di Windows 10 2

5. Simpan tangkapan layar di komputer Anda.

Setelah selesai mengedit, simpan tangkapan layar ke komputer Anda.

Jika belum memiliki aplikasi Snip & Sketch, silahkan download disini:
Unduh Snip & Sketch
Menggunakan Alat Pemotong

Cara kedua untuk mengambil tangkapan layar di Windows 10 adalah dengan menggunakan alat Snipping. Aplikasi ini merupakan aplikasi lama yang sudah ada di Windows 7. Sangat mudah digunakan:

Masukkan snip di bilah pencarian Windows dan pilih alat snipping.
Cara mudah untuk mengambil screenshot di Windows 10 3

Klik Baru dan pilih area yang ingin Anda pindai
Cara mengambil tangkapan layar di Windows 10 4

Edit gambar seperlunya, lalu klik Simpan. Selesai.
Gunakan aplikasi Lightshot

Selain menggunakan aplikasi standar Windows 10, kita juga bisa menginstal aplikasi tambahan untuk mengambil screenshot. Salah satu kegunaan favorit saya adalah Lightshot. Selama ini saya masih menggunakan aplikasi Lightshot sebagai aplikasi screenshot utama di PC saya.

 

Lihat Juga :