Cara Memperbaiki Ponsel yang Terkena Air

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Cara Memperbaiki Ponsel yang Terkena Air

Tentu tidak mau jika hp kesayangan anda datang, kenapa sih, ditambah biaya perbaikan hp yang terkena air cukup mahal, belum lagi ada komponen yang harus diganti atau part. itu … Anda mungkin datang pendek.
HP Terendam Air

Pemilik harus waspada ketika ponsel tidak sengaja jatuh ke wastafel, tumpah air, kehujanan atau mungkin masuk ke kolam renang, Anda harus mengambil tindakan secepat mungkin agar tidak mengenai komponen sistem internal lainnya.
1. Matikan HP

Jika kondisinya tidak parah atau ponsel masih menyala setelah terkena air, lebih baik segera dimatikan. Tapi kalau hp sudah otomatis mati, biarkan saja, jangan dipaksakan apalagi dicolokin ke charger.

Dengan mematikan ponsel ini, kamu telah melakukan tindakan dengan memutus daya ponsel dari kerusakan yang menyebar ke mana-mana untuk menyerang bagian dalam ponsel. Kemudian tunggu sampai benar-benar kering.

[powerkit_separator style=”dotted” height=”3″]
2. Hapus Semua yang Terpasang di HPHapus Casing HP

Jika ponsel masih menggunakan casing atau model casing yang bisa dilepas, alangkah baiknya jika semua komponen aksesori luar Anda dilepas untuk memberikan sirkulasi udara.

Jika casing tidak bisa dilepas, jangan dipaksakan seperti membuka baut atau klip pengunci, karena di dalam ponsel terdapat semacam Liquid Damage Indicator yang cukup sensitif.

Dan juga keluarkan Kartu SIM, Baterai, dan Memori Eksternal dari slotnya. Setelah itu, kocok perlahan ponsel hingga air di dalamnya keluar sedikit demi sedikit.
Menelepon kerabat atau keluarga tetapi tidak ada suara sama sekali? Coba perbaiki dengan tutorial cara mengatasi panggilan tapi tidak ada suara.

[powerkit_separator style=”dotted” height=”3″]
3. Gunakan Microfiber WipeLap Dengan Microfiber Khusus

Gunakan kain lembut dengan spesifikasi daya serap tinggi, lap bagian yang terkena air hingga dapat dipastikan titik rawannya benar-benar kering.

Biasanya lubang atau sloth seperti lubang mic, lubang charger, lubang jack dan speaker yang terkadang menjadi endapan air.

[powerkit_separator style=”dotted” height=”3″]
4. Gunakan Penyedot Debu Karet atau Penyedot Debu Balon

Jika anda mengetahui alat yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kamera, vacuum yang terbuat dari karet balon ini bisa menjadi solusi untuk menyedot air yang sulit dijangkau.

Tekanannya tidak terlalu keras sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada komponen internal HP. Lakukan secara perlahan untuk menarik sisa air di celah-celah kecil.

Pastikan semuanya bersih dan aman, dan tinggalkan ponsel semalaman atau seharian penuh. Coba nyalakan besok, jika sudah benar-benar kering maka hp bisa menyala dengan sempurna.

[powerkit_separator style=”dotted” height=”3″]
5. Rendam dengan BerasHP Beras Rendam

Adapun cara mengatasi kemasukan air ini ada yang bilang mitos dan kurang ilmiah, namun berdasarkan pengalaman admin sendiri, menggunakan cara hack berikut ini cukup efektif dan sangat membantu.

Jadi sediakan baskom besar dan besar, lalu isi baskom dengan nasi hampir setengahnya sampai bisa merendam hp.

Kemudian masukkan hp ke dalam nasi, pastikan semuanya terendam dan tertutup. Setelah itu tutup bagian atas baskom untuk mengurangi kelembapan udara.

Tunggu 1 sampai 2 hari kemudian coba dengan menyalakan HP. Jika berhasil, ponsel akan menyala dengan sempurna.
LCD HP Android Anda Berjajar? Anda dapat mengikuti tutorial cara memperbaikinya di sini.

[powerkit_separator style=”dotted” height=”3″]
6. Keringkan Di Bawah Lampu Meja Belajar

Retasan kehidupan selanjutnya adalah Anda dapat mengeringkan ponsel di bawah lampu belajar. Admin sudah melakukan cara ini, dan hasilnya juga cukup efektif.

Siapkan lampu belajar, usahakan menggunakan lampu yang wattnya tidak terlalu besar dan panas, mungkin bisa menggunakan bohlam kecil yang berefek hangat.

Tempatkan ponsel di bawah lampu sorot, usahakan ponsel dalam keadaan terbuka dan lepaskan semua komponen. Biarkan selama sekitar satu hari. Setelah itu coba nyalakan

Sumber :