Maksimalkan Dikelola Tokopedia, UMKM lokal masuk pasar nasional
Tokopedia terus membantu para pegiat bisnis Indonesia, khususnya UMKM lokal, untuk memaksimalkan potensi memasuki pasar nasional.
Maksimalkan Dikelola Tokopedia, UMKM lokal masuk pasar nasional
Melalui layanan pergudangan cerdas “Dilayani oleh Tokopedia” yang kini telah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia, bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Baca juga:
– Bazar Buku Online Big Bad Wolf di Tokopedia 27-31 Mei 2022
– Bersama BI dan OJK, Tokopedia perkenalkan modul literasi keuangan untuk UMKM
– Membentuk dorongan Tokopedia untuk membangkitkan semangat inovasi bagi para native digital talent
– Hari Kartini, Tokopedia mempromosikan kesempatan yang sama bagi karyawan dan UMKM
“Kami melihat pengiriman barang terjauh pada kuartal I 2022 dilakukan oleh Tokopedia Serviced
dari Kota Medan, Sumatera Utara hingga Kabupaten Merauke, Papua. Total transaksi yang dilayani Tokopedia juga meningkat lebih dari lima kali lipat pada Q1 2022 dibandingkan Q1 2021,” kata Samuel Simanjuntak, Associate.
Pasokan Tokopedia juga membuat masyarakat Indonesia lebih cepat dan efisien dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pada kuartal pertama tahun 2022, pengiriman barang melalui Tokopedia tercepat adalah 10 menit dari pesanan sampai diterima oleh pembeli.
Beberapa kategori dengan transaksi tertinggi melalui Dilayani Tokopedia pada kuartal I 2022 adalah Health Care, Personal Care, Food & Beverage, Mother & Baby, dan Household.
Didukung oleh Tokopedia, yang juga merupakan perwujudan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia, membantu penjual mengatasi tantangan bisnis seperti penerimaan, pengepakan, pengiriman pesanan, dan pemecahan masalah ketika ada masalah.
Data internal hingga Mei 2022 menunjukkan rata-rata transaksi dari penjual meningkat hampir empat kali lipat setelah menggunakan Tokopedia Dilayani dibandingkan sebelum menggunakan Tokopedia Dilayani. Kedai Kopi Amazara dan Gayo adalah contoh UMKM lokal yang menggunakan layanan Tokopedia dan melihat dampak positifnya.
Didukung oleh GliaStudio
Amazara, sebuah UMKM asal Yogyakarta yang menjual berbagai sepatu wanita
, telah menjadi bagian dari Tokopedia sejak Agustus 2017. Kini Amazara menggunakan gudang pintar Tokopedia di Jakarta dan Surabaya.
Pemilik bisnis Amazara, Uma Hapsari, mengatakan: “Sejak kami mulai menggunakan Dilayani Tokopedia, jangkauan pengiriman kami telah meluas ke Papua. Pesanan di provinsi di luar Jawa juga meningkat signifikan, dengan peningkatan tertinggi di Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat dan Lampung.”
Setelah menggunakan layanan Tokopedia, Uma mengaku pengelolaan stok barang lebih maksimal, pengemasan produk lebih aman, pesanan cepat dikemas dan diterima pembeli lebih cepat, serta memberikan dirinya lebih banyak waktu untuk fokus pada pengembangan merek.
Ada juga Gayo Coffee Shop, sebuah UMKM Aceh yang menjual kopi spesial dengan harga terjangkau
dan telah menjadi anggota Tokopedia sejak Mei 2016. Iwan Aramiko, pemilik Gayo Coffee Shop, mengakui bahwa lokasi produksi dan penyimpanan produk di Pedalaman Aceh menimbulkan tantangan dalam hal pelayanan dan logistik. Terakhir, dia menggunakan gudang pintar Tokopedia di Jakarta.
“Sejak menggunakan layanan Tokopedia, Gayo Coffee Shop mampu menaklukkan pasar di Jawa dan Indonesia Timur. Bukan hanya ongkos kirim yang semakin terjangkau, produk bisa sampai ke konsumen lebih cepat dibandingkan kami kirim langsung dari Aceh,” jelas Iwan. “Untuk Gayo Coffee Shop, Tokopedia menempati urutan pertama dalam hal kontribusi pendapatan,” pungkas Iwan.
Baca Juga :