Pendidikan
10 Tips Jitu Cara Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja

10 Tips Jitu Cara Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja

10 Tips Mengatasi Kegugupan Saat Wawancara Agar Sukses

cara-mengatasi-grogi

Tips ini kami ambil dari buku Uswatun Hasanah, M.Pd. Dengan penerbit ARASKA, UNTUK Anda pelamar, lebih baik jika Anda tidak terlalu khawatir tentang perasaan gugup selama wawancara. Karena rasa gugup merupakan hal yang wajar, apalagi jika Anda masih baru di dunia kerja.

Untuk membantu Anda mengatasi rasa gugup saat proses wawancara, berikut beberapa tips sukses membantu Anda mengatasi rasa gugup saat wawancara, yaitu:

  • Bersiaplah (persiapan untuk wawancara)
    Kegagalan untuk mempersiapkan sebelum wawancara berlangsung akan menimbulkan kekhawatiran yang tidak semestinya. Ada baiknya jika Anda memiliki waktu luang untuk mencari tahu tentang posisi yang diinginkan di perusahaan.
  • Memiliki waktu yang cukup untuk tidur
    Sangat penting bagi Anda untuk memiliki waktu istirahat yang cukup agar stamina Anda tetap terjaga. Anda harus memiliki 7-8 jam tidur dalam sehari. Sebab, menurut pengamatan para ahli kesehatan, jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup, maka akan membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi dan rasa percaya diri saat wawancara.
  • Sarapan
    Sebelum melakukan rangkaian wawancara, ada baiknya untuk sarapan terlebih dahulu. Karena sarapan membawa banyak manfaat bagi Anda dan tubuh Anda sepanjang hari. Selain itu, sarapan akan membantu Anda memberi energi pada tubuh dan membuat Anda lebih fokus selama wawancara.
  • Cobalah untuk terus berbicara dan melakukan kontak mata
    Anda harus melakukan kontak mata dengan pewawancara selama wawancara. Kurangnya kontak mata menunjukkan bahwa Anda bukan orang yang percaya diri.
  • Ambil napas dalam-dalam
    Saat Anda datang ke wawancara, detak jantung Anda kemungkinan akan meningkat lebih jauh. Agar Anda dapat mengatasi masalah tersebut, tarik napas dalam-dalam untuk membuat jantung Anda berdetak
    perlahan kembali normal.
  • Berpikir positif! (Berpikir positif)
    Tetaplah bersikap positif selama wawancara agar Anda tidak merasa gugup dan percaya diri. Tunjukkan bahwa Anda dapat menjawab semua pertanyaan pewawancara.
  • Ketahui kekuatan Anda
    Ketika Anda melihat kekuatan dalam diri Anda, Anda berada dalam posisi yang jauh lebih kuat untuk berhasil dalam wawancara. Karena itu, pahamilah dengan baik apa yang ada dalam diri Anda.
  • Jangan memikirkannya
    Ketika proses wawancara selesai, jangan terpaku pada apa yang ingin Anda katakan selama wawancara. Karena Anda hanya peduli dengan apa yang Anda katakan. Tetap positif.
  • Umpan balik pasca wawancara (mintalah evaluasi hasil wawancara Anda)
    Apakah Anda mendapatkan pekerjaan itu atau tidak, penting bagi Anda untuk meminta penilaian tentang bagaimana Anda melakukan sesuatu selama wawancara. Penilaian dapat memberi Anda informasi berharga untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi wawancara berikutnya.
  • Tetap berdoa
    Tips terakhir adalah berdoa memohon kepada Tuhan agar lancar menjalankan bisnis yang telah Anda persiapkan dan kerjakan selama ini.

Karena tidak ada yang terjadi kecuali dengan izin-Nya, dan tidak akan terjadi apa-apa kepada Anda kecuali dengan izin-Nya. Tapi percayalah, apapun hasilnya, yang terpenting kamu punya keberanian untuk mencoba dan mencoba.

Semoga 10 tips ini bisa menghilangkan kegugupan saat wawancara agar bisa menjadi sahabat SBI yang sukses

Sumber :