Teknologi
Buru-peneliti-muda,-LIPI-buka-penerimaan-via-jalur-prestasi

Buru peneliti muda, LIPI buka penerimaan via jalur prestasi

Buru peneliti muda, LIPI buka penerimaan via jalur prestasi

Buru-peneliti-muda,-LIPI-buka-penerimaan-via-jalur-prestasi

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan membuka penerimaan peneliti baru di jalan menuju prestasi dengan kualifikasi tinggi dari setidaknya pelatihan S3 yang bekerja atau saat ini bekerja di berbagai belahan dunia.

Inisiatif ini penting untuk mengimbangi beban kerja besar-besaran dari pekerjaan siswa Indonesia di luar negeri, terutama melalui hibah Lembaga Manajemen Dana Pendidikan (LPDP).

“Kami berharap dapat menarik orang Indonesia terbaik kepada para peneliti dengan cara ini,” kata Wakil Kepala LIPI Bambang Subiyanti di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan jumlah peneliti PNS saat ini hanya empat persen dari total sumber daya

manusia sains dan teknologi Indonesia yang didominasi oleh fakultas dari berbagai universitas.

Secara khusus, dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 tahun 2017 tentang pengelolaan pegawai negeri sipil, antara lain dengan mengurangi usia penis dari 65 menjadi 60 tahun, jumlah peneliti menengah telah berkurang.

Hingga 20 persen dari 2.724 atau hingga 556 peneliti menengah dipengaruhi

oleh peraturan pemerintah.

Untuk alasan ini, diharapkan bahwa jalur kinerja ini dapat menarik para peneliti muda yang telah memiliki gelar doktor untuk menutup celah ini.

Peneliti yang memenuhi syarat S3 harus memiliki rekam jejak yang memenuhi syarat. Diharapkan pengalaman belajar dan bekerja di berbagai belahan dunia dapat mempercepat kegiatan penelitian di masa depan.

Bambang mengatakan salah satu hal yang dibutuhkan peneliti adalah infrastruktur

yang memadai, mereka memiliki banyak alat penelitian yang tertinggal dari negara tetangga selama 5-10 tahun.

Untuk menarik perhatian para peneliti luar biasa ini, LIPI menghabiskan 60 persen anggarannya untuk pembelian perangkat baru dan terbuka untuk umum.

 

Baca Juga :