Rakyat Lampung Online

Home Super School

Kelanjutan RSP Tunggu Dana Pusat

Email Cetak PDF
AddThis Social Bookmark Button

BANDARLAMPUNG-Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Sugeng P Hariyanto melantik 16 pejabat baru di lingkungan Unila, di lantai IV gedung Rektorat Unila, kemarin (12/11).

 

UKG III Masih Sarat Permasalahan

Email Cetak PDF
AddThis Social Bookmark Button

BANDARLAMPUNG-Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) tahap ketiga yang dilaksanakan di dua TUK (tempat uji kompetensi) yaitu SMKN 4 Bandarlampung dan SMAN 2 Bandarlampung, pada hari pertama kemarin (12/11), ternyata masih sarat dengan berbagai permasalahan didalamnya.

 

Siapkan Anak Jadi Pemenang Masa Depan

Email Cetak PDF
AddThis Social Bookmark Button
Play Group dan TK Rumahku
BANDARLAMPUNG-Bagi orangtua, pendidikan anak saat usia dini sangatlah penting. Inilah yang membuat orangtua harus juga cerdas dalam memilih tempat pendidikan bagi putra putrinya. Karena bila nantinya, dapat berdampak buruk bagi perkembangan anak.
 

Insentif Guru Honor Naik Rp300 Ribu

Email Cetak PDF
AddThis Social Bookmark Button

BANDARLAMPUNG-Kabar gembira bagi para guru honorer yang ada di Kota Bandarlampung. Karena mulai tahun depan, insentif mereka dinaikkan Rp300 ribu. Dari semula Rp600 ribu per orang, menjadi Rp900 ribu per orang sepanjang tahun.

 

2013, tak Ada Lagi Diklat Pasca UKA

Email Cetak PDF
AddThis Social Bookmark Button
Sertifikasi Guru
BANDARLAMPUNG-Pelaksanaan sertifikasi guru pada tahun 2013 bakal berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya para guru yang tidak lulus pada UKA (uji kompetensi awal) dapat mengikuti diklat pasca UKA yang diselenggarakan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), namun mulai tahun depan, tidak akan ada lagi diklat paska UKA.

Sistem baru ini yang dipakai ini, pertama kali mengharuskan para guru memeriksakan diri melalui sistem online apakah guru tersebut telah memiliki NUPTK atau belum. Selanjutnya, para guru wajib mengupdate data yang ada dan menyerahkannya kepada pihak UPT kecamatan.

    Setelah itu, barulah guru akan menerima data verifikasi yang kemudian akan disetorkan ke Dinas Pendidikan di masing-masing daerah. Apabila semua data yang telah diserahkan ke dinas telah diverifikasi, maka para guru akan menerima data verifikasi dari Dinas Pendidikan di masing-masing daerah.

    Pada pelaksanaan diklat UKA nanti, para guru yang namanya telah terdata wajib untuk lulus, agar dapat mengikuti UKG dan PLPG. Sehingga nantinya, para guru langsung mendapatkan sertifikasi.

    Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) pada Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung Riyuzen Prajatula, hal ini penting dilakukan para guru mengingat mulai tahun 2013, tidak ada lagi pengulangan diklat UKA atau yang biasa disebut diklat pasca UKA bagi para guru yang tidak lulus pada UKA, seperti tahun-tahun sebelumnya.

    “Mulai 2013, tidak ada lagi diklat pasca UKA. Jadi para guru yang tidak lulus UKA, maka secara langsung dan otomatis harus mengulangnya tahun depan,” tegas Riyuzen, kemarin.

    Dan untuk dapat mengikuti UKA, terangnya, ada beebrapa tahapan yang menjadi pokok dan wajib diketahui oleh para guru sehingga para guru dapat lulus verifikasi yang dilakasanakan oleh Dinas Pendidikan masing-masing. Terlebih bagi para guru honorer yang berada di sekolah negeri. Untuk dapat ikut UKA, syarat utamanya adalah harus memiliki izin ataupun SK sebagai guru honorer berdasarkan SK bupati, walikota maupun kepala dinas masing-masing daerah.

    Sedangkan untuk guru swasta, harus berdasarkan SK yayasan sebagai guru tetap yayasan. Selain itu juga, usia guru diprioritaskan bagi para guru yang telah berusia 50 tahun lebih, dan guru yang telah golongan IV maupun sarjana S1 dan S2

    Bagaimana dengan guru yang telah lama menjadi guru honor di sekolah negeri namun belum cukup umur. Ditegaskan Riyuzen, karena ini menjadi syarat wajib dari pemerintah pusat, maka guru tersebut wajib menjadi PNS dulu, kemudian masa kerja selama mengabdikan diri sebagai pendidik yang akan diajukan sebagai syarat untuk sertifikasi. (cr2)

 

Berita Utama

Otonomi Daerah

Korem Bekali Prajurit TNI Ilmu Hukum
article thumbnailMETRO-Upaya meminimalisir pelanggaran disiplin dan tindak pidana yang dilakukan oleh prajurit dijajaran Korem...

User's Online

Ada 188 tamu online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari Ini627
mod_vvisit_counterKemarin3631
mod_vvisit_counterMinggu Ini20089
mod_vvisit_counterMinggu lalu20997
mod_vvisit_counterBulan ini55713
mod_vvisit_counterBulan Lalu122782
mod_vvisit_counterJumlah3601012

Your IP: 23.21.23.126
 , 

Berminatkah anda beriklan di situs ini?