Rakyat Lampung Online

Tradisi Wayang Kulit

Email Cetak PDF
AddThis Social Bookmark Button

PRINGSEWU-Tradisi setiap tahuan yang dilakukan masyarakat Pekon Ambarawa Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu berencana akan melaksanakan peringatan bulan Suroan dengan pagelaran hiburan wayang kulit semalam suntuk pada tanggal 1 Desember mendatang.

Kepala Pekon Ambarawa Mas'ud menjelaskan, tradisi setiap tahuan yang dilakukan menjelang peringatan bulan suro 1 Muharram. Tujuaannya memohon keselamatan seluruh masyarakat dari mara bahaya belaka. Selain itu juga, untuk mendoakan pendahulu yang sudah meninggal agar diterima di sisi-Nya.

    "Sebelumnya mengadakan hiburan pagelaran wayang kulit, kita mengadakan istogsah berdoa bersama masyarakat di balai pekon pada malam bulan suro 15 November mendatang. Sebab saat ini, pihak panitia penyelengara sedeang keiling untuk mencari para donatur pengusaha yang ada disini," ucapnya, Selasa, (6/11).     

Menurutnya, tradisi peringatan bulan suro setiap tahun digelar Pekon Ambarawa dana berasal dari swadaya masyarakat. (sol)

 

Beri Komentar

Redaksi menerima komentar terkait berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim.
Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, pornografi atau berbau SARA.


Security code
Refresh